Wanita Terbaik Menurut al-Quran

muslimah_in_flower_by_redmoon85-d303zgv-577x690Sejak dahulu hingga kini wanita selalu dipandang dari sisi kecantikan fisiknya saja. Di berbagai belahan duniaselalu diadakan kontes kecantikan bagi kaum perempuan yang tentu saja ukuran utamanya adalah kecantikan dan keindahan diri mereka. Meski kini ditambah dengan embel-embel brian and behaviour, akan tetapi tetap saja tumpuan penilaian utamanya adalah fisik mereka. Dua hal itu hanya pelengkap belaka. Buktinya mereka yang lolos seleksi dan yang menjadi pemenang tetap saja para wanita yang memiliki fisik dengan standar tertentu seperti tinggi badan dan pastinya yang berpenampilan menarik dalam arti ‘enak dipandang’.

Realita inilah yang berbeda dengan IslamKaum wanita ditempatkan oleh Allah SWT. sebagaimana halnya kaum lelaki. Mereka wajib beriman dan taat kepada perintah serta larangan Allah SWT. Perbedaan mereka di hadapan Allah bukanlah karena fisik maupun jenis kelamin, melainkan karena ketakwaannya. Firman Allah:

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”(QS. al-Hujurat [49]: 13).

Bagaimanakah profil seorang wanita yang mulia di hadapan Allah SWT.? Bisa kita simak dalam al-Quran dalam ayat sebagai berikut:

“Wanita yang salehah ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).”(QS. an-Nisa [4]: 34).

Sifat wanita yang solehah adalah yang senantiasa taat kepada Allah. Baginya, hukum Allah adalah segalanya. Ia akan bersungguh-sungguh mengerjakan perkara yang fardlu seperti shalat lima waktu, berpuasa wajib, membayar zakat, berbakti pada kedua orang tua dan menaatinya ketika ia masih lajang, dsb.

Ia pun akan menutup aurat saat keluar rumah dengan hijab yang diperintahkan Allah yakni menggunakan kerudung dan jilbab. Ia malu dan takut menampakkan auratnya di hadapan lelaki yang bukan mahram. Lebih dari itu ia akan menjaga diri dari perbuatan zina. FirmanNya:

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka dst…”(QS. an-Nur [24]: 31).

Jaman sekarang banyak wanita yang ingin mengambil posisi solehah akan tetapi mereka tidak mengerjakan apa yang telah Allah sebutkan dalam ayat-ayat di atas. Banyak wanita yang keluar rumah tanpa menutup aurat secara sempurna. Mereka berkerudung tetapi masih mengenakan pakaian yang memperlihatkan lekukan tubuhnya, atau menampakkan rambut mereka di balik kerudung.

Tidak sedikit muslimah yang telah menikah justru tidak menjaga kehormatan dirinya ketika suami mereka tidak ada di sisinya.  Mereka menerima tamu lelaki yang bukan mahram. Ada juga yang senang bercanda dengan pria lain, bepergian bersama dengan mereka. Padahal Allah SWT. telah menyebutkan ciri wanita solehah adalah ‘hafidzatun’ yakni menjaga diri saat suaminya tidak ada bersama mereka.

Wahai para muslimah, inginkah Anda menjadi wanita yang mulia seperti yang dikatakan al-Quran? Taatilah hukum-hukum Allah, niscaya Allah akan memuliakan Anda. [IwanJanuarCom]

Sumber : http://www.cintaquran.com/wanita-terbaik-menurut-al-quran/

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s