Al-Quran Bukan Buatan Nabi Muhammad SAW.

al-quran

Di antara cara orang-orang kafir untuk melemahkan keimanan kaum muslimin adalah dengan melemparkan tuduhan palsu terhadap al-Quran. Perbuatan keji ini mereka lakukan karena mereka melihat bagaimana al-Quran menjadi inspirasi dan enerji terbesar bagi umat Islam. Apa yang tercantum di dalam al-Quranseketika mereka yakini dan amalkan. Sehingga menjadi amat penting untuk melemahkan keimanan umat terhadap kitab suci ini.

Salah satu tuduhan kotor yang mereka katakan adalah al-Quran adalah buatan Muhammad. Opini buruk ini dirasa wajar karena al-Quran itu datang dan dibacakan oleh Nabi saw. Beliau yang mendapatkan wahyu dan yang mengajarkannya kepada para sahabat. Bagi orang yang tidak mendalami al-Quran tuduhan ini akan diterima bulat-bulat begitu saja.

Akan tetapi ada dua alasan kuat mengapa kita bisa meyakini bahwa al-Quran bukanlah buatan Rasulullah saw.Pertama,  Nabi Muhammad saw. adalah bagian dari bangsa Arab, sedangkan Allah SWT. sudah menantang orang-orang Arab untuk membuat tandingan al-Quran. Hasilnya? Tidak ada seorangpun di antara mereka yang sanggup untuk melakukannya. Misalnya dengan firmanNya:

“dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah[31] satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) – dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.(QS. al-Baqarah: 23-24).

Padahal di tengah-tengah suku Quraisy saat itu terdapat banyak tokoh sastrawan terkemuka seperti Walid bin Mughirah. Namun demikian ia pun sudah menyatakan ketidaksanggupannya membuat karya tulis seindah al-Quran.

Bagaimana dengan Muhammad? Semua orang Quraisy sudah mengenalnya sejak kecil bahwa ia bukanlah sastrawan. Ia tidak pernah membuat satu pun bait puisi seperti layaknya seorang pujangga. Karenanya orang-orang Quraisy yang menentang al-Quran tidak pernah menuduh Muhammad-lah pembuat al-Qur’an.

Bila Rasulullah saw. bukanlah seorang ahli sastra, bahkan hal ini pun diakui kaumnya, bagaimana bisa Barat menuduh al-Quran adalah buatan Nabi saw.? Jelas tuduhan itu adalah terlalu jauh dari kebenaran.

Kedua, al-Quran sendiri telah ‘mengancam’ Rasulullah saw. seandainya ia menambah atau mengurangi isi al-Quran. FirmanNya:

“Ia (al-Quran) adalah wahyu yang diturunkan dari Tuhan semesta alam.Seandainya Dia (Muhammad) Mengadakan sebagian Perkataan atas (nama) Kami, niscaya benar-benar Kami pegang Dia pada tangan kanannya, kemudian benar-benar Kami potong urat tali jantungnya. Maka sekali-kali tidak ada seorangpun dari kamu yang dapat menghalangi (Kami), dari pemotongan urat nadi itu.”(QS. al-Haqqah: 44-47).

Para ahli tafsir seperti Imam Ibnu Katsir menyatakan bahwa seandainya Muhammad memang benar menambah atau mengurangi risalah yang dibawanya — seperti yang dituduhkan kaum musyrikin –, niscaya akan disegerakan azab kepadanya. Mahasuci Allah yang senantiasa menjaga kesucian al-Quran dan kemuliaan Nabi-Nya, tuduhan itu sama sekali tidak berdasar.

Oleh karena itu tidak sepantasnya seorang muslim meragukan kesucian al-Quran dan kebenaran yang datang dari wahyu Allah SWT. Al-Quran bukanlah buatan bangsa Arab, bukan buatan Muhammad saw., apalagi buatan orang-orang yang tidak bisa berbahasa Arab.

Satu-satunya peluang dan yang benar al-Quran adalah kalamu-Llah yang penuh kemukjizatan dan berguna sebagai petunjuk dala kehidupan umat manusia. Itulah keyakinan seorang muslim. [Follow @Iwanjanuarcom]

 

Sumber : http://www.cintaquran.com/al-quran-bukan-buatan-nabi-muhammad-saw/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s